Saturday, December 3, 2011

Perbandingan Ekspresi Gen Pada Bakteri,Arkea Dan Eukaria

Perbandingan Ekspresi Gen Pada Bakteri,Arkea Dan Eukaria
Perkembangan Terbaru dalam biologi molekular telah memungkinkan para peneliti menentukkan sekuens nukleotida lengkap dari ratusan genom termasuk berbagai genom dari setiap domain.
RNA polimerase bakteri dan eukariota sangat berbeda.Sebaliknya RNA polimerase tunggal dari arkea menyerupainya ketiga RNA polimerase eukariota dan tidak seperti bakteri,arkea dari eukariota menggunakan seperangkat faktor transkripsi yang kompleks.Transkripsi diakhiri secara berbeda antara bakteri dan eukariota.Tetapi karena pengetahuan manusia masih sedikit tentang pengahiran transkripsi arkea maka proses tersebut sepeti mirip dengan yang terjadi pada eukariota.
Pada proes translasi ribosom bakteri dan eukariota agak berbeda.Ribosom arkea berukuran sama dengan ribosom bakteri namun sensitivitas terhadap inhibitor kimiawi paling mirip dengan sensitivitas ribosom eukariota.Tadi kita telah menyinggung bahwa proses translasi pada bakteri berbeda dengan eukariota.Dalam hal ini proses pada arkea lebih mirip dengan proses pada bakteri.
Perbedaan terpenting antara bakteri dan eukariota berhubungan dengan ekspresi gen disebabkan oleh kompartemental yang relatif tidak ada pada bakteri.Tanpa keberadaan nukelus sel bakteri dapat mentranskripsi dan mentranslasi gen yang sama secara simultan dan protein yang baru dibuat dapat dengan cepat berdifusi ke tempatnya berfungsi.
Dengan mempelajari lebih lebih lanjur tentang protein dan RNA yang terlibat dalam transkripsi dan translasi pada arkea kita akan mengetahui berbagai hal tentang evolusi dari proses proses pada ketiga domain.

0 komentar:

Post a Comment

 
Copyright 2009 Kid Blog|Privacy Policy