Saturday, August 13, 2011

Mengapa Frank Swiss Menguat Saat Krisis?

Mengapa Frank Swiss Menguat Saat Krisis? - Siapa yang memegang frank Swiss dalam setahun terakhir pastilah mengantongi setidaknya keuntungan 30 persen, jika misalnya frank Swiss ditukarkan kembali ke dollar AS.

Frank Swiss adalah salah satu mata uang kuat dunia, disamping dollar Australia, dollar Singapura yang menguat terhadap dollar AS dalam setahun terakhir. Kurs frank Swiss mencapai rekor tertinggi 0,7068 frank Swiss per satu dollar AS pada hari Selasa (9/8/2011).

Namun bagi pengutang dalam denominasi frank Swiss, seperti Hongaria, penguatan frank Swiss menjadi beban tersendiri. Akan tetapi bagi warga Swiss, kenaikan kurs frank menjadi sumber kegembiraan.

Namun demikian tidak selamanya kenaikan kurs, apalagi berlangsung cepat, disambut semua pihak. Kenaikan kurs frank melemahkan daya saing ekspor Swiss jika dijual di AS atau zona euro.

Karena itulah Bank Sentral Swiss mengintervensi pasar dengan tujuan agar frank melemah dan pada hari Jumat (12/8/2011) melemah menjadi 0,77 frank per satu dollar AS.

Lepas dari itu, menarik untuk menelaah sekilas mengapa kurs frank meningkat? Ini adalah buah kebijakan Swiss yang sudah sejak lama ingin menjaga kekuatan frank Swiss.

Warga Swiss tidak heran dengan penguatan mata uangnya, sebagaimana dikatakan Profesor Olivier Crevoisier dari Neuchatel University kepada World Radio Switzerland, 10 Agustus lalu.

Namun semua ini adalah juga buah dari kebijakan ekonomi Swiss, yang tekun mempertahankan daya saing dan kualitas produk-produknya serta menjaga posisi anggaran dan utang nasional dalam posisi yang terkendali.

Hal ini juga tidak lepas dari keberadaan sistem perbankan Swiss, yang ketat menjaga kerahasiaan perbankan, yang membuat warga kaya dunia, termasuk pimpinan Libya Moammar Khadafy menyimpan uangnya di Swiss.

Barangkali jika DPR-RI ingin belajar atau studi banding soal kekuatan mata uang sebuah negara, mungkin Swiss merupakan pilihan studi banding terbaik.

0 komentar:

Post a Comment

 
Copyright 2009 Kid Blog|Privacy Policy